RSS
Hello! Welcome to this blog. IREKTAPUS adalah Ikatan REmaja Kreatif TApi PUSing.

Langkah-Langkah asik membuat komik



Cara asik membuat komik ... 

Kalian punya bakat.? Pasti setiap manusia mempunyai bakat yang unik tersendiri. Nah apabila dari kalian mempunyai bakat/hobi membuat gambar dan mengarang cerita kalian bisa mengembangkannya menjadi sebuah komik atau cerita bergambar. Jangan takut apabila kalian tidak bisa membuat cerita kalian pasti bisa dengan mengkonsep dahulu gambar apa saja yang kalian akan buat dan dengan sendirinya kalian pasti bisa membuat sebuah cerita yang tidak kalah serunya dengan gambar kalian saya ka Alvian akan memberitahu langkah-langkah apa saja sih yang biasa kalau kita membuat komik.? Yuk coba kalian perhatikan ya ...

Langkah awal
- Memikirkan sebuah ide .. (ingat ya ide bukan di cari tapi di catat)
Ide adalah suatu anugrah tuhan. Yakinlah tuhan tidak akan kehabisan ide jadi kita sebagai manusia sesungguhnya cuma ditugasi untuk mencatnya.

Langkah ke 2
-Bikin cerita ..
Terkadang komikus tidak mempunyai kemampuan khusus seperti ini dan jangan takut banyak-banyaklah membaca dan menulis sebuah cerita baik cerita liburan kalian atau pun hal-hal yang seru.

Langkah ke 3
-Bikin tokoh (character disign)
Disini terdiri dari 2 bagian yaitu:
1. Bikin ciri-ciri fisik dan non fisik
2. Bikin gambar berdasarkan ciri-ciri tadi

Langkah ke 4
-Bikin papan cerita (story board)
Story board merupakan panduan utama sebelum kita bikin gambar final. Sotry board itu Cuma gambar kasar aja tetapi sudah jelas letak gambar dan ada teksnya..

Langkah ke 5
-Bikin gambar dengan pensil (penciling)
Semua komik biasanya dimulai dengan gambar pensil, jarang yang langsung dengan komputer. Gambar pensil ini menjadi gambar dasar proses selanjutnya.

Langkah ke 6
-Penintaan atau menjiplak gambar pensil (inking)
Hasil gambar pensil di jiplak (tracing) dengan drawing pen . penjiplakan ini menghasilkan gambar yang lebih rapih dan bersih, bisa disebut dengan inking.

Langkah ke 7
-Memindai scaning
Gambar hasil inking di pindai (scan) untuk di format menjadi digital dan siap untuk di warnai.

Langkah ke 8
-Pewarnaan digital (digital coloring)
Jaman sekarang, bikin warna sudah tidak pakai tinta atau cat air lagi. Melainkan kita memberikan warna dengan mengedit di software photoshop atau corell draw.

Langakah ke 9
-Tata letak layout
Setelah halaman komik selesai diwarnai maka kamu harus urutan susun halamannya supaya jadi komik.

Langkah ke 10
-Menyetak komik
Komikus yang baik biasanya selalu mengikuti proses bikin komik dari awal sampai akhir. Enggak kecuali saat mencetak kamu harus tugguin sampai hassil cetakannya sempurna.

Langkah ke 11
-Bikin jadi orang kenal dengan komik-komik yang kamu buat
Undang pejabat (minimal pa RT) untuk membuka pameran kamu! Kasih tau sedunia kalau kamu sudah bikin komik.
kamu juga bisa pajang komik kamu di dunia maya dengan membuat suatu blog atau berbisnis pada sosial network seperti Facebook atau Twitter.
*masa sih hari gini kalian ga punya Fb atau twitter hhe

Langkah ke 12
-Jika kalau beruntung
cobalah kalian menjadi sebuah penerbit komik kalian sendiri, karna sedikit bangaet penerbit yang mau menerbitkan komik lokal. Maka ini adalah kesempatan kamu sebagai maniak komik.

Langkah ke 13
- Kenyataan Pahit
Ya namanya juga di urutan angka 13 terkadang kita menanggapnya sesuatu hal yang mitos hhe. Kita jangan menyerah pada keadaan walau komik belum dianggap sesuatu yang populer seperti pemain band atau sinetron. Jadi tetap semangat untuk mengenalkan hasil karya kalian “tunjukkan kalau kalian memiliki jiwa seni yang tinggi”.

Gimana mudahkan? Apalagi kalau kalian sudah bisa menjadi sebuah penerbit komik yang handal wah pasti seru banget.. ouw iya cobalah kembangkan kreatif kalian dengan membuat tokoh-tokoh asli Indonesia supaya budaya kita juga terkenal ya hhe.
coba dah kalian gabung di group facebook masyarakat komik untuk join dengan para komikus&maniak komik indonesia

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright 2009 *IREKTAPUS. All rights reserved.
Free WordPress Themes Presented by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy